Halaman

Rabu, 10 Agustus 2011

Resep Makanan Favorit Arrel: Sayap Ayam Lumur Kecap

Saya tidak asal bilang kalo makanan yg tertulis pada judul di atas adalah makanan favorit Arrel. Buktinya sudah 2x saya masak menu yg sama hari ini dan kedua2nya cuma menyisakan sepotong kecil sayap ayam buat saya, dengan kata lain sang chef selalu dapet sisanya doang....hedeh....


Saya orangnya suka bekerja dengan cepat dan praktis. Jadi resep yg akan saya bagi kali ini pun termasuk irit waktu, tenaga, dan bahan bakar...hehe. Okeh, kita langsung mulai saja. Tolong siapkan catatan anda, siapa tau kapan2 anda juga mau praktekin resep dari seorang yg males masak kea saya ini....hihi :D

Bahan2:
- 250 gr sayap ayam (sekitar 4-5 potong), sebaiknya direbus dalam air garam plus kecap dulu supaya terjamin kesterilannya dari kuman dan bakteri, ga usah lama2, cukup 10 menit saja

- Kecap 5 sdm (lebih juga boleh, sesuai selera chef)

- Saos Tomat 3 sdm (atau sesuai selera tapi jangan mengalahkan porsi kecapnya), usahakan jangan yg dijual dalam botol plastik yg biasanya buat temen makan ayam goreng tepung, karena biasanya rasanya agak asam. Saya sih lebih suka pakai yg dikemas dalam kantong plastik karena rasanya manis dan cocok buat acara memasak seperti ini. Kalau ga salah yg saya beli tadi merknya 'Pepelegi' harganya cuma 1500 perak/kantong ukuran 250 gr...hehe

- Bawang merah dan putih masing2 sebanyak 3 siung sedang (siung loh ya...bukan biji!), kalau kebanyakan bisa bikin eneg. Lumatkan (berhubung saya orangnya praktis, jadi saya lebih pilih menghaluskan bawang pakai parutan daripada cobek...hihi)

- ketumbar 1 sdm (lagi2 karena saya ga demen repot2, saya pilih yg sudah berbentuk bubuk dan banyak dijual di toko2 dekat rumah. Hare gene maseh ngulek pake cobek???hihi)

- Lada secukupnya alias semaunya chef (lagi-lagi yang bentuknya bubuk)

- Minyak goreng 2 sdm

- Air sedikiiiiiit ajah (lebih bagus kalo air yg sudah matang. Ingat, sterilisasi itu penting!)

Gula dan garam, MSG? Ah...ga perlu lagi. Kan sayap ayamnya tadi sudah direbus pake garam, jadi sudah dapet gurihnya dari sana. Dan MSG perlu dihindari sebisa mungkin secara chef lagi hamil....hehe. Kita lanjut, okeh?

Cara masak:

- Semua bahan kecuali sayap ayam dan minyak goreng dicampur dan diaduk sampai merata

- Nyalakan kompor, panaskan minyak goreng dalam wajan

- Masukkan bumbu yg sudah diaduk rata tadi, aduklah sekitar satu menit sampai bumbu cukup matang sambil menikmati sensasi percikan minyak panas di tangan anda...hihi

- Masukkan sayap ayam sebelum bumbu menjadi gosong, aduk pelan sampai anda yakin seluruh potongan sayap itu sudah sukses berlumuran saos kecap tadi

- Masukkan air matang sesedikit mungkin, sekedar buat mengencerkan bumbu yg mungkin menggumpal saat proses penyangraian

- Satu menit setelah air matang dimasukkan, masakan pun sudah boleh diangkat dari atas kompor

- Sajikan bersama nasi hangat dan krupuk. Sangat pas buat makan sahur. Seharusnya 1 porsi cukup untuk makan 2 orang, tapi seperti yang sudah saya bilang di awal tadi, buat Arrel sendirian pun ternyata tak cukup....hihi

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar