Halaman

Kamis, 25 Agustus 2011

BELAJAR

"Maaa.....hari ini Arrel belajar siang ajah yaaa!"
"Kenapa?"
(Biasanya Arrel belajar jam 6 atau 6.30 sore sehabis mandi)
"Biar malam ga usah belajar lagi. Bisa langsung nonton Shaun The Sheep"
"Owh...okeh. Ayo, blajar!"
Dan mulailah anak kecil itu belajar....


Yuph. Dia memang selalu belajar sambil tengkurap begitu. Sudah mencoba pakai meja belajar kecil tapi Arrel ga kerasan :D

Apa yang dia sebut dengan belajar? Yeah...bukan membuat ringkasan konsep gravitasi atau menguraikan rumus-rumus Kimia yang memusingkan kepala itu, tentu. Anak saya ga sejenius itu kok...hihi. Sebagai anak TK Sedang, sudah cukup buat ortunya kalo Arrel bisa menuliskan angka 1-50 (kadang-kadang tapi jarang banget anaknya mau sampai 100) plus hurup a-z (masih terbatas pada hurup kecil).

(kalau anda perhatikan dengan jeli, ada dua angka yang tertukar letaknya di situ. angka berapa hayooo?hihi)

Alhamdulillah dia sudah hapal semua karakter hurup dan angka itu, tapi masih belum bisa mengeja suku kata sih...hehe. Mudah-mudahan sih, dalam setahun ini saya dan suami berhasil mengajari Arrel membaca, biar lebih mudah masuk SD walaupun umurnya masih kurang 2 bulan dari standar pada saat penerimaan siswa baru SD nanti. Saya heran, guru SD sekarang kok maunya terima jadi sih? Masak anak-anak sudah diwajibkan bisa baca tulis pada saat mendaftar masuk SD? Jaman saya dulu ga gitu-gitu amat dweh. Kelas 1 kami diajarin baca tulis. Kelas dua mulai mengeja kalimat-kalimat panjang. Dan kelas 3 saya sudah mulai langganan majalah Bobo dan Ananda :)
Ga semua SD sih kea begitu. Seolah-sekolah yang letaknya agak ke pinggir biasanya mau-mau aja menerima murid yang sama sekali belum bisa baca tulis. Mungkin mereka pikir, dari pada ga ada yang daftar sama sekali....hehe. Tapi sekolah-sekolah di wilayah ibukota kabupaten, kebanyakan tingkah kalo saya bilang sih!hihi. Apalagi sekolah yang punya predikat unggulan atau percontohan...beuh! Sombongnya minta ampun! Pernah ada murid yang umurnya cuma kurang 1 bulan dari 6 tahun pas ngedaftar, ditolak. Trus ada tes baca tulis, wawancara dan kemandirian pula. Hedeh.... Tapi begitu anak pejabat yang ngedaftar, walaupun ga bisa baca tulis nyatanya tetap diterima tuh...ckckck (alangkah indahnya negri ini)
Saya sih ga mau terlalu maksa anak. Kalo memang nantinya Arrel ga bisa masuk sekolah di kota, ya udah, sekolah agak ke pinggir juga ga pa-pa. Setahu saya sih ya, kecerdasan anak ga bisa langsung diprediksi dari bangku kelas 1,2 atau 3 SD. Setelah kelas 4 SD, mungkin sudah mulai keliatan mana yang pintar dan mana yang cuma rajin doang. Belum tentu juga anak yang masuk sekolah unggulan itu akan lebih pintar dan sukses dibanding anak yang sekolah di SD biasa. Apalagi kalau acuan pintar menurut guru cuma kalau anak rajin mencatat, terlihat serius menyimak, dan berpenampilan rapi jali ke sekolah. Plis dweh....temen-temen SD saya yang cowok yang memenuhi kriteria macam itu pada anjlok nilainya pas sudah masuk SMP. Jadi guru kudu objektif, cuy! Tapi emang enak dipandang sih kalo semua murid serapi dan sebersih itu....hihi.
Ah, sudahlah....niat cuma mau cerita soal pelajaran si Arrel malah jadi curcol gini. Sekian dan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar