Halaman

Sabtu, 23 Juli 2011

Saya dan radang usus

Saya dan radang usus bagaikan dua sahabat karib yg ga terpisahkan. Sebulan sekali hampir bisa dipastikan saya mengalami sakit di bagian perut yg satu ini, entah karena makan makanan pedas, asam, terlebih lg yg berlemak semisal santan...huffft
Setelah saya hamil lagi, penyakit yg setingkat lebih parah dr maag ini makin sering bertandang. Sekarang mungkin setiap 2 minggu sekali saya kelepasan aturan makan dan harus rela meringis2 menahan siksaan lambung yg serasa diremas2 oleh tangan tak kasat mata :(
Bagaimana ini? Padahal kehamilan ini membatasi saya untuk mengkonsumsi sembarang obat. Saya sudah coba antasida doen, tapi obat maag biasa jelas tak cukup buat mengatasi radang usus. Beberapa kali mengalami radang usus selama kehamilan ini, beberapa kali itu pula saya terpaksa menahan derita semalam suntuk ga bisa tidur karena kesakitan. Seandainya saya bisa tidur sambil berdiri...soalnya sakitnya rada ringan sedikit kalau saya berdiri lama. Tapi begitu saya duduk apalagi berbaring, penderitaan saya dimulai kembali :(
Alhamdulillah, sejak tadi malam saya keanya mendapat sedikit pencerahan :)
Gara2 ujicoba hipotesa saya kalo santan yang suka bikin usus saya jadi meradang, tadi malam saya sukses meringis2 saat gelagat kehadiran si radang muncul kembali. Saya sudah minum obat maag dari sore, ga sembuh2. Saya sudah sengaja nyari cara buat muntahin isi perut dengan harapan nyeri lambung berkurang saat isinya dibuang keluar, masih ga ada hasil yg memuaskan. Akhirnya saya nekat mencoba cara saya sendiri. MINUM SEGELAS AIR ES. Dengan asumsi bahwa saat itu lambung dan usus saya sedang mendidih kepanasan, maka saya menganggap sesuatu yg dingin akan membantu menyejukkan perut saya. Supaya lebih efektif, saya juga meletakkan sebotol air es di atas perut saya sambil berbaring dan mencoba untuk tidur. It works, sodara2!!! Dalam setengah jam saya bisa merasakan bahwa remasan di lambung saya mulai berkurang. Saya berhenti meringis2 dan bisa tidur dengan tenang. Tengah malam saya terbangun dan penyakit yg jadi momok dalam dunia wisata kuliner saya itu nyaris ga ada sisanya lagi :D
saya ga tau apa pengobatan ala saya ini sudah teruji secara medis atau belum. Tapi yg jelas cara ini relatif aman karena bahan yg digunakan sama sekali jauh dari unsur kimia dan mudah didapat *kecuali bagi mereka yg belum punya kulkas* hehe

semoga tulisan kali ini ada manfaatnya buat anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar