Halaman

Rabu, 29 Juni 2011

Jalan Pagi Bagi Bumil Hukumnya Sunnah Muakkad

Habis jalan pagi ke pinggiran desa (saya masih ga pede buat bilang area tempat tinggal saya ini kota..hehe). Kaki sih ga seberapa capek, justru pinggang saya yang rasanya pegel banget tiap kali sampai rumah. kenapa eah? Padahal jarak yang ditempuh ga jauh-jauh amat, paling satu kilometer kalo dihitung bolakbalik. Padahal lagi,saya juga baru hamil dua bulanan, ga ada beban berarti yang saya mesti angkut di perut saya. pernah nyoba brenti jalan pagi selama dua hari, eh..malamnya kaki saya kram! Hwaaaaa! Yeah...beginilah kalo orang terbiasa lompat-lompat nyari keringat tiap sore, trus mendadak mesti absen karena hamil muda...hehe.
Asyik juga sih jalan pagi itu. Keluar setengah jam setelah waktu Subuh. Sejuk dan segar karena matahari belum kelihatan sinarnya tapi langit sudah mulai terang. Udaranya juga berasa banget bersihnya. Sehat banget deh pokoknya! :)
Tapi...saya mesti hatihati memilih rute perjalanan pagi saya. Kenapa? Karena kadang-kadang saya bisa terancam papasan sama seorang lelaki yang keanya ada gangguan mental gitu. Dia sih ga ganggu dan ga berbahaya juga. Kerjaannya tiap hari cuma keluyuran kesana kemari sambil ngedumel dan ngeluh ga jelas. Tapi tetep aja saya takut. Soalnya, the crazy man kalo ketemu sama orang suka ngeliatin gitu. Saya udah beberapa kali papasan sama ne orang. Untungnya dia cuma ngeliatin lama-lama tanpa nunjukin tanda-tanda mau ngikutin saya. Hiiiii :I
Biasanya sih saya milih rute yang menurut saya paling aman, yaitu jalan ke arah mesjid besar di pinggir jalan raya. Di sana banyak rumah penduduk, jadi kalo ada apa-apa juga tinggal trereak: heleeep...heleeep.... (dijamin orang-orang bukannya bantuin malah mikir kalo saya ini orang setres yang sok kebarat-baratan...hihihi)
Tapi kadang bosen juga kalo lewat situ terus-terusan. Lagian, udaranya juga ga sesegar rute yang memiliki high risk ketemu orang gila tadi karena ga banyak pohon di pinggir jalan raya itu. Jadi, kalo feeling lagi baik, kadang-kadang saya nekat juga ngambil rute beresiko itu. Kea pagi ini. Fortunately, I didn't meet the crazy man this morning :)
Oh iya, saran saya buat Bumil yang masih trimester pertama, olahraga ringan itu penting dan baik bagi kehamilan anda. Kalo buat saya sih malah sunnah muakkad hukumnya...hihihi. Soalnya kalo ga olahraga badan rasanya malah lemes banget plus terancam kena kram kaki tadi. Tapi ga semua bumil yang lagi hamil muda cukup kuat buat olahraga ringan sekalipun. Kan kondisi kehamilan tiap orang beda-beda. Ada seorang Ibu hamil muda yang gara-gara nyaris kepeleset pas duduk aja sampai keguguran saat itu juga. Mungkin karena kandungannya kelewat lemah atau gimana eah? Ada juga seorang Bumil yang sempet ga sengaja minum pil peluntur dinding rahim tapi alhamdulillah janinnya ga kenapa-kenapa dan insya allah tetap berkembang dengan sehat dan kuat...amien (kalau ini sih jelas pengalaman pribadi...hehe). Jadi, ya..ibu-ibu...apa yang baik buat orang lain belum tentu baik buat diri kita sendiri. Berpikir sebelum ngelakuin segala sesuatu itu penting banget. Jangan sampai nyesel kemudian :)
Mohon doanya ya....biar kehamilan saya kali ini berjalan dengan baik. Actually, saya tetep aja merasa was-was gara-gara kesalahan resep kemaren dulu itu. Apalagi kemaren saya sempet ngalamin keluar sedikit flek gara-gara kecapekan ngurus pencairan kredit di bank yang bikin saya kudu dua kali bolak-balik dari rumah ke sekolah :(
Tapi insya Allah baby saya ga kenapa-kenapa. Makanya, dimohon banget doanya yaaaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar