Halaman

Jumat, 17 Juni 2011

Tragedi Bermula………….

Tragedi Bermula………….

Kamis, 9 Juni 2011.
Sejak Rabu saya sudah mengkonsumsi vitamin dan obat penguat yang diresepin sama Dokter kandungan waktu itu. Ga sampai 24 jam, saya sudah merasakan efeknya, yaitu perut yang mulai sering mules-mules. Jadi (terlalu) sering ke belakang deh…hehe. Saya Cuma mikir, itu pasti pengaruh dari vitamin ato obatnya. Ga papa deh, yang penting janin saya aman, pikir saya.

Jum’at, 10 Juni 2011.
Ga ada perubahan. Mules-mules masih sering. Selera makan sih sangat terjaga dengan baik. Cuma kadang-kadang mual ajah…hehe. Sejauh ini kondisi saya masih cukup fit.

Sabtu, 11 Juni 2011.
Minta ijin ga dinas hari karena hari ini mau pergi ke Banjarbaru dalam rangka perkawinan ponakan suami hari Minggunya. Suami naik motor sendirian, saya dan Arrel naik taksi L300 karena saya mengkhawatirkan kondisi janin saya yang masih muda banget (baru 5 mingguan) kalo mesti keguncang-guncang di atas motor. Sumpah pusing banget ne kepala gara-gara sopir taksinya keanya punya cita-cita masuk Formula 1…hihihi.

Kami nginep di rumah Abang saya. Mau nginep di tempat kondangan takut malah ngerepotin karena pasti sudah banyak yang nginep juga di sana. Tapi malam Minggunya sih kami tetap berkunjung ke rumah pengantin. Ketemu sama ipar saya yang bidan dan numpang konsultasi gratis…hehe. Ipar saya sih nyaranin mending ga usah pake penguat ajah kalo memang ga ada keluhan apa-apa. Takutnya ngefek pas waktu mau ngelahirin ntar, katanya. Saya jadi ragu-ragu mau nerusin mengkonsumsi penguat yang udah saya telan 4 biji itu…hehe.

Minggu, 12 Juni 2011.
That’s terrible!!! Unforgivable!!! Br*ngs*k!!!
Saya langsung menyumpah-nyumpah marah pas saya browsing di internet tentang obat penguat yang dikasih Dokter waktu itu. REGUMEN NORETHISTERONE. Itu sih bukan penguat kandungan melainkan pil buat mengatasi ketidakteraturan haid yang harus dihindari ibu hamil karena bisa mengakibatkan keguguran dan atau cacat pada janin!!!
Saya langsung histeris manggil suami saya. Cerita ke dia soal obat yang dikasih dokter dan ngeliatin hasil browsingan saya. Saya sudah terlanjur mengkonsumsinya selama 4 hari alias 4 biji! Kening suami langsung mengernyit. Tapi dia sih masih lebih tenang dari saya. Ga kea saya yang sepanjang hari itu setres mikirin nasib janin saya. Di pesta kawinan ponakan suami juga saya Cuma bisa bertahan sekitar dua jam ajah. Kepala saya rasanya melayang-layang gitu. Numpang istirahat di rumah tetangga, tapi yang ada saya malah nangis-nangis shock. Saya minta diantar balik ke rumah Abang saya. Ngelanjutin nangis sesenggukan sampai suami saya balik dari kondangan pada sore harinya. Mata merah dan bengkak. Pokoknya kondisi saya waktu itu mengenaskan banget deh. Mana hari Minggu kea gitu semua praktik Dokter Kandungan pada tutup lagi. Mau konsultasi kemana soal nasib janin saya? Setres berat pokoknya. Plus murka berat sama si Dokter Ceroboh!!!
Sukses lah saya ga bisa tidur selama 24 jam itu. Sepanjang malam Cuma nangis dan nangis lagi. Sholat sambil nangis. Ngaji sambil nangis. Doa sambil nangis. Tahajud sambil nangis. Amat sangat melelahkan hati :(




Senin, 13 Juni 2011.
Saya benar-benar marah!



Pagi-pagi saya balik ke poli kandungan di rumah sakit yang sama. Saya perlihatkan obat penguat kandungan yang kemaren dikasih si dokter. Dan tahukah anda apa yang langsung dikatakan oleh dokter itu?
“Masak saya kasih obat ini? Bukan ah! Saya ga pernah ngasih obat ini! Bukan ini obat yang saya maksud. Apotiknya kali yang salah ngasih…”
Dokter itu ga tau kalo sebelum ke poli kandungan saya sudah lebih dulu cek ricek ke apotik tempat saya nebus obat yang salah itu. Dan apotekernya yakin dia ga salah ngasih obat. Semua sesuai resep yang tertulis, katanya.
Si dokter tetap keukeuh kalo dia ga pernah ngasih resep obat yang beresiko tinggi buat janin saya itu. Dan kebetulan sekali, di lembar pemeriksaan saya juga dia kelupaan nyantumin resep kedua itu. Jadi makin pede lah dia nolak ngakuin kesalahan yang sudah dia lakuin Rabu kenaren. Dia langsung USG untuk memastikan kondisi janin saya.
“Janinnya ga kenapa-kenapa. Saya kasih obat ajah eah, Bu. Nanti tebus di apotik. Obat yang ini di stop ajah”
Dengan santainya si Dokter bilang kea begitu sedangkan saya sudah nangis semalam suntuk gara-gara resep dia yang salah!!! Tapi karena saya orangnya paling males adu argument, jadi saya Cuma ambil resep baru itu dan lagi-lagi harus bayar lumayan mahal untuk resep yang kali ini keanya bener itu (soalnya saya nanya ke apotekernya itu beneran penguat atau bukan). Saya dikasih PREABOR, diminum 3x1 hari. Setelah saya cek lagi di internet, ternyata dosisnya Cuma 2x1 hari. Tu dokter ketakutan kali eah kalo-kalo kandungan saya luruh beneran mpe ngasih resep berlebihan gitu :(
Begitu sampai rumah, saya cerita ke suami kalo si dokter ga mau ngaku kalo dia sudah salah ngasih resep. Di luar dugaan, kali ini suami saya ga terlihat lebih tenang dari saya. Dia langsung mencak-mencak. Dia ngajak saya ke apotik, pinjam resep yang dulu dikasih Dokter dengan muka merah padam dan langsung ke rumah sakit buat ngelabrak tu dokter.
Kali ini si dokter ga bisa berkutik lagi. Dia minta maaf dan bilang kalo waktu itu mungkin dia kecapekan sehingga ga konsentrasi pas nulisin resep. Suami jadi makin marah dengernya, sampai ngancam bakal nuntut kalo sampai janin saya kenapa-kenapa.
Muka si dokter jadi pucet pasi. Gelisah. Mungkin takut juga kalo-kalo beneran bakal dituntut. Saya? Seperti biasa, Cuma bisa nahan nafas yang sesak banget sama rasa marah, takut dan sedih.
Si dokter minta saya USG tiap minggu buat memastikan janin saya ga kenapa-kenapa karena efek obat REGUMEN itu. Tapi yang saya denger dari dokter tetangga saya sih, USG itu ga bagus kalo keseringan, soalnya mengandung radio aktif. Lagi-lagi, si dokter kandungan yang satu ini teledor banget :(
Kami pulang dengan galau di hati ga berkurang sedikitpun. Suami saya belum mau mengembalikan resep yang kami pinjam dari apotik buat jaga-jaga kalo-kalo si dokter di kemudian hari mau mangkir lagi dari tanggung jawab.
Well, sejauh ini sih saya ga ngerasain masalah apa-apa di rahim saya selain perut yang suka mules-mules bahkan mpe mencret gitu. Dan buat balik lagi ke dokter kandungan satu-satunya di kota kami ini? Hemmm…I don’t think I will do it. terlepas dari ini kasus malpraktik ato bukan, yang jelas citra tu dokter sudah kadung cacat di mata saya :(

Selasa, 14 Juni 2011.
Pergi ke sekolah. Cerita sama teman-teman sekantor soal kasus yang lagi saya hadapin. Curhat sama kepsek juga sekalian minta ijin buat ga masuk dulu kalo lagi ga ada jadwal mengawas ulangan.
Sorenya konsultasi ke Bu Dokter tetangga belakang rumah saya tentang apa yang sebaiknya saya lakukan. Bu Dokter Gigi nyaranin saya mending ga usah lagi konsultasi ke dokter yang sama (dan memang ogah banget sih) dan nyari second opinion dari dokter lain. Hingga akhirnya saya memutuskan pergi konsultasi ke Dokter kandungan di Banjarbaru yang sudah terjamin kredibilitasnya (DSOG senior). Besok! Ga bisa ditunda-tunda lagi.

Rabu, 15 Juni 2011.
Berangkat ke Banjarbaru sekitar pukul setengah dua belas (nunggu Arrel pulang sekolah dulu). Numpang istirahat di rumah sepupunya suami saya (yang kemaren dulu ngadain kondangan itu). Sorenya buru-buru berangkat ke tempat praktek Dokter A. Saya ga beruntung, ternyata buat konsultasi di sana kudu ngedaftar dulu minimal sehari sebelumnya. Dalam sehari Dokter A Cuma nerima 35 pasien, dan jadwal hari itu sudah full. Untungnya, Dokter A ini kalo sore ternyata juga buka praktek di K Farma Banjarbaru, dan di sana ga pake sistem janjian. Akhirnya saya bisa ketemu Dokter A lagi…hehe (dulu pas hamil Arrel konsultasinya juga ke Dokter A, jadi saya sudah yakin sama kedigdayaan beliau…hihihi)
Cerita ke Dokter A soal kesalahan resep yang saya alami. Dokter A berhasil membuat saya tenang dengan mengatakan kalo dulu pasien beliau juga pernah ada yang ga sadar kalo sudah hamil dan terus mengkonsumsi obat yang sama, dan alhamdulillah baby nya ga mengalami cacat apa pun. Saya langsung ngerasa safe. Rasanya legaaaaa banget. Pengen sujud syukur malah…hehe. Semoga apa yang dibilang Dokter A itu bener. Amien :)
Di tempat Dokter A saya di USG lagi. Jadi sudah 3x neh my baby kena sinar USG (USG pake sinar ga eah? :o )
“Janinnya baik-baik saja”
Kata-kata itulah yang saya harapkan dari mulut Dokter A dan alhamdulillah terkabul…hehe. Thanks God :)
Dokter A ngasih saya resep penguat kandungan yang baru, katanya lebih bagus dan kuat, plus tentu saja lebih mahal…hehe. Namanya CYGEST. Bentuknya kea peluru. Obatnya dilapisin lilin. Bukan buat diminum tapi dimasukin tiap pagi lewat rectal alias lubang anus…haha (sengaja ga disensor biar jelas). Ga tau apa karena belinya di K Farma ato memang ne obat amat sangat mahal buat ukuran kantong saya. 15 butirnya saja kudu saya tebus dengan harga 433 ribu, sodara-sodara! Hiks….. Tapi ga papa lah, demi keselamatan my baby (sambil ngelus-elus dompet yang berasa amat sangat menipis) wkwkwk



Soal mules-mules yang saya alamin, Dokter A bilang setelah CYGEST nya habis, boleh dilanjutkan dengan PREABOR lagi. Tapi jangan 3x1 lagi, melainkan hanya 1 biji tiap hari. Hedeh…rupanya dosisnya memang lebay :(
Finally, I got my smile back :)
Dimohon banget doanya eah…semoga ga ada masalah lagi sama my baby and I. Semoga kami berdua sehat-sehat selalu. Semoga my baby terlahir sempurna. Semoga proses melahirkannya normal dan lancar dan dimudahkan (secara Caesar itu muahal dan cukup mengerikan di mata saya…hehe). Semoga Arrel ga akan pernah lupa kalo ada adeknya di perut saya, sehingga dia akan bisa meredam keinginannya untuk maen smack down sama mamanya…hihihi. Amien ya Robbal Al-amien :)

6 komentar:

  1. Mbak.. Soal USG itu brapa kalipun dilakukan tidak masalah.. Tidak ada pengaruh ke janin sama sekali, tidak pengaruh jg ke ibu. Totally safe. Boleh dicek lg di internet atau dibuku-buku kedokteran kalo gak percaya.. :).. Saran sy kalo bertanya jgn ke dokter gigi, pendidikanx berbeda dgn dokter umum. :)

    BalasHapus
  2. Sy juga mau ngasi pencerahan
    : USG sama sekali tidak membahayakan, karena berasal dari gelombang ultrasound (suara) yg dipancarkan dan dipantulkan.. Jadi tidak ada efek sampingnya sama sekali.
    Beda dengan sinar rontgen dan CT scan yang menggunakan sinar X yang memancarkan radiasi.
    Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. USG itu pencitraan radiologi yg paling aman karena modalitasnya bukan Xray tapi ultrasound yg sm sekali tdk akan menberikan efek radiasi, jadi ga usah lebai kalo harus USG berkali2 tdk akan berbahaya, malah kalo ANC tiap bulan kan emang skrg di dr.OBGYN di USG.

    BalasHapus
  4. Untuk pelajaran ajasih mbak, lain kali jika mendapatkan obat resep atau obat lgsg dr dokter sebelum minum obat lebih baik mbak searching2 di google, tanyakan ke dokter dan apoteker agar kita sebagai pasien tau pasti apa yang akan kita minum itu. Jangan sampai sdh terlanjur minum baru kita penasaran apa yang kita minum tadi.

    BalasHapus
  5. Untuk pelajaran ajasih mbak, lain kali jika mendapatkan obat resep atau obat lgsg dr dokter sebelum minum obat lebih baik mbak searching2 di google, tanyakan ke dokter dan apoteker agar kita sebagai pasien tau pasti apa yang akan kita minum itu. Jangan sampai sdh terlanjur minum baru kita penasaran apa yang kita minum tadi.

    BalasHapus
  6. Mbak nya yg nulis jg lebay deh. Hihihihi, banyak2 baca di artikel atau buku kesehatan yaa..😊

    BalasHapus