Halaman

Jumat, 17 Juni 2011

Yang bikin saya kapok datang ke poli kandungan di rumah sakit (part 2)

Rabu, 8 Mei 2011, pagi-pagi sekali saya berangkat kerumah sakit lagi sehabis nganter Arrel sekolah. Kali ini antrian belum banyak. Ternyata berkas saya yang kemaren masih bisa dipakai lagi, jadi saya disuruh langsung ke Ruangan Askes. Setelah dapat berkas tambahan dari Si Mas Ramah dan Baik Hati, saya langsung menuju poli kandungan. Keanya saya datang kepagian, soalnya poli kandungan masih tutup. Tapi anehnya, poli Gigi dan poli-poli lain di sampingnya udah pada buka tuh :o
Saya seneng karena keliatannya saya datang paling awal. Berarti bakalan dipanggil masuk paling awal juga neh, pikir saya sumringah. Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul setengah sembilan. Online fb buat ngisi waktu sambil nunggu pintu poli kandungan dibuka biar saya bisa masukin berkas saya. Aneh juga eah…sampai jam sembilan poli kandungan belum juga dibuka. Ini dokternya masih belum datang kali eah? :o
Orang-orang terus berdatangan. Ruang tunggu di depan poli-poli jadi makin padat pasien yang nunggu giliran dipanggil. Sebagian masuk ke bagian KIA (Klinik Ibu dan Anak). Saya mikirnya waktu itu mereka ga niatan di USG, cuma mau kontrol kehamilan ke bidan doang. Tapi mereka ternyata juga ikutan nunggu di depan poli kandungan habis keluar dari KIA. Oh…mau konsultasi ke dokter juga ternyata, saya manggut-manggut. Pasien poli kandungan terus berdatangan sementara jarum jam sekarang menunjukkan pukul setengah sepuluh. Ini dokternya kemana sih? Masak sudah satu jam nunggu poli kandungan belum buka-buka juga? Saya mulai gelisah. Mana sudah bosen online fb lagi. Status-statusnya udah pada ga seru buat dikomenin :D
Pukul setengah sebelas, tepat dua jam saya nunggu, tapi pintu poli kandungan belum juga dibuka. Hwaaaaa! Perut sudah mulai kukuruyuk. Lupa bawa roti dan jus kotak karena saya pikir Cuma bakal sebentar doang di rumah sakit hari itu. Kerongkongan rasanya kering. Mulai kebelet mau ke toilet. Biasa lah ibu hamil….hehehe
Saya sms suami, minta tolong diantarin jus kotak ke rumah sakit. Karena saya males keluar dan beli sendiri, takut kalau-kalau pas saya pergi dokternya datang dan antrian saya diserobot pasien lain *egois dan curigation mode* hihihi. Ga lama suami datang bawa pesanan saya, tapi langsung balik lagi ke kantor karena banyak kerjaan. Saya menghabiskan sekotak jus guava merk Buavit* dalam hitungan beberapa menit…hehe. Dan makin kebelet mau ke belakang :D
Ga tahan sama tuntutan alam, akhirnya saya nyerah dan nyari toilet di sekitar sana. Untung letaknya ternyata ga seberapa jauh dari ruang periksa. Saya buru-buru melampiaskan hajat *hihihi* dan buru-buru pula balik ke tempat saya semula. Sudah pukul sebelas tepat dan ruang polinya…belum dibuka juga!!! Hwaaaaa! Dokternya masuk ga sih hari ini???
Mau pulang tapi kok rasanya nanggung eah? Soalnya saya kan sudah repot-repot mantra rujukan ke Puskesmas, masak mau disia-siakan surat rujukannya…hehe. Jadi saya masih bertahan menunggu. Pokoknya saya datang pertama jadi saya yang harus masuk pertama nantinya! Kalau ada yang nyerobot saya sudah niat mau sewot…haha :D
Kata orang-orang di sekitar saya sih, dokternya lagi ada operasi Caesar, makanya telat datang ke poli kandungan. Ya udah, saya lanjutkan perjuangan saya deh. Sambil ngemil jagung manis rebus yang kebetulan dijajain sama seorang Mbak cantik berkerudung item yang lewat ruang tunggu itu. Kebetulan bangetpas perut lagi laper kea gitu…hehe.
Setengah jam kemudian (11.30 berarti) pintu poli kandungan akhirnya dibuka. Seorang perawat bertubuh mungil keluar dan memanggil nama seorang ibu (ya iya lah, masak bapak-bapak daftar di poli kandungan). Kok? Saya buru-buru mendekati si perawat dan nanya: Dokternya udah datang, mbak? Ini berkas saya mau saya masukin.
Si perawat senyum dikulum: Dokternya ada, Bu. Tapi ini berkasnya dimasukin ke KIA dulu, nanti baru dipanggil di sini.
Saya (yang langsung shock berat): Haahh??? Mesti dimasukin lewat KIA? Padahal saya udah nunggu dari tadi pagi lho, mbak. Tau gitu dari berjam-jam lalu saya ke KIA (hati saya menjerit-jerit sebel banget deh pada waktu itu…hwaaaaa)
Mbak perawat kembali senyum: Buruan aja bu, dimasukin KIA. Masih sempat kok. Dokternya baru datang kok.
Saya menahan diri buat ga manyun dan say thank you sama si Mbak Perawat. Masuk ke ruang KIA. Di sana saya ditanyain ada perlu apa ke dokter kandungan. Mau USG ato Cuma konsultasi doang. Trus saya disuruh minta stempel ke Ruang Askes (lagi???) dan balik lagi ke KIA untuk masukin berkas. Rasanya pengen gulung-gulung di lantai deh waktu itu saking keselnya. Kalo begini caranya, saya bakalan dipanggil paling akhir dong! Soalnya orang-orang keanya udah dari lama masukin berkasnya ke KIA, ga kea saya yang leyeh-leyehan di depan poli kandungan sejak 3 jam yang lewat. Hiks :(
Ga lama di Ruang Askes, saya balik lagi ke KIA. Di sana tensi saya diukur. 120/80 kalau ga salah. Hari Senin kemaren padahal Cuma 100/80. Naik 20 angka gara-gara kesel kali…hehe.
Penantian dimulai lagi. Nama-nama pasien dipanggil satu persatu. Setiap kali denger nama orang lain dipanggil, saya nyoba zikir dalam hati biar ga tereak kesel. Mestinya kan saya yang pertama dipanggil!!! Hwaaaa!!! Bener-bener kueseeeeellllll!!! :(
Sekitar pukul 13.15 akhirnya saya disuruh masuk ruangan. Ga pake panggil nama sih. Perawatnya Cuma buka pintu dan mengangguk ke satu-satunya pasien yang tersisa di sana (ya saya lah…huh!).
Sumpah saya kecewa banget! Sudah nunggu berjam-jam. Niat mau konsultasi macem-macem sampai-sampai saya udah bikin catatan pertanyaan yang mau saya ajuin ke dokter, eh…taunya pas di dalam ruangan semua terkesan diburu waktu. Baru duduk sudah disuruh naik ranjang buat di USG. Dokternya sama sekali ga nanya saya ada keluhan apa kagak. Malah beliau nanya usia kandungan saya berapa? Pliz deh, dok…kan di USG juga ketahuan usia kandungan secara lebih pasti!
Kelar USG langsung ditulisin resep vitamin yang perlu saya minum plus disuruh balik lagi bulan depan. Saya mencoba menyisipkan satu ajah niat utama saya datang ke poli kandungan sebelum saya disuruh pergi dari ruangan periksa itu.
Saya : Dok, saya kan kerjanya jauh. Bisa minta suntikan penguat kandungan ga, Dok?
Dokter : Ah…suntikan itu Cuma buat keadaan terdesak kea pas mau operasi atau ancaman keguguran. Saya kasih yang diminum ajah eah. (si Dokter nulisin resep baru lagi di bawah resep pertama)
Saya : Iya deh, Dok. Nanti saya tebus…
Saya say thank you ke dokter dan perawat-perawat yang ada di dalam ruangan. Keluar ruangan dengan hati sangat jauh dari terpuaskan. Menebus obat di apotik yang kerjasama dengan rumah sakit sehingga harga obatnya pun di atas harga seharusnya. Lalu pulang ke rumah sambil bilang dalam hati saya sendiri kalau selanjutnya saya ga akan periksa pakai kartu Askes lagi. Mending keluar duit beberapa puluh ribu di tempat praktik pribadi Dokter dari pada mesti antri selama itu. Capcay dweh :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar