Halaman

Sabtu, 17 Maret 2012

Sebenarnya dia sayang, cuma....

Ada yang nanya, si Arrel ngiri nggak sama adeknya?

Hemmm...si Arrel sih sebenarnya sayang banget sama adeknya. Tiap balik dari sekolah dia bakal langsung nyariin Rara trus diciumin sampai Mamanya jerit-jerit nyuruh brenti. Dia marah kalo ada yang becanda mau minta adeknya. Saya pun pernah dia omelin gara-gara ninggalin dedeknya sebentar di rumah sepupu. Arrel takut banget adeknya diambil :D

Tapi yang jadi biang kerok justru orang-orang (dewasa) di sekitar rumah yang hoby sekali godain Arrel dengan bilang gini: "Hayooo lhoooo...Arrel udah punya dedek baru. Ga disayang lagi deh"
Lantas mereka ketawa cekikikan dan Arrel diam dengan muka manyun. Saya yang denger semua itu cuma nyengir walopun dalam hati saya gemes banget sebenernya. Sesampainya di rumah, saya selalu sengaja bicara empat mata ke Arrel soal itu lagi. Saya tegasin bahwa Arrel dan Rara itu dua-duanya anak Mama dan Bapak (ga enak ya padanannya? Soalnya suami ogah dipanggil papa...hihi) dan keduanya sama-sama disayang. Adil merata. Kalo ada yang nakal, siapapun juga, pasti dimarahi. Jadi Arrel ga usah takut ortunya lebih sayang dedek dari pada dia. Hal kea gini sering banget kejadian. Biasanya Arrel sih mau ngerti dan manggut-manggut aja tiap saya ngomong ke dia.

Kesel deh sama orang-orang yang suka mainin psikologi anak buat bahan becandaan kea gitu. Dan ini sering banget kan kejadian di tengah masyarakat kita? Tanpa sadar, hal yang kita anggap guyonan itu bakal meresap ke pikiran anak sebagai hal yang serius. Anak jadi beneran mikir, MAMA PAPA LEBIH SAYANG DEDEK DARIPADA AKU!!!
Satu contoh kasus, seorang anak tetangga, sebut saja Michael (nama disamarkan jauh banget dari aslinya, red) pernah bilang ke adiknya: "Gara-gara si Alexandra (ini juga nama samaran, red) ini sih lahir, jadinya Michael ga disayang lagi."
Kalo anak sudah berpikiran kea gitu, bagaimana dia mau rukun sama adiknya coba? Yang ada dia malah jelez melulu dan bikin ulah cuma buat caper sama ortunya. Dan gara-gara siapakah itu? Ya gara-gara tetangga usil tadi! Huh!

Lebay eah? Tapi buat saya ini serius. Saya paling anti bikin becandaan sejenis itu. Kasian kan kalo ketentraman hati anak orang jadi rusak gara-gara omongan kita? Jadi dari sekarang....STOP NGERACUNIN PIKIRAN SI KAKAK BARU!!!

1 komentar: